A Way to Share Ideas 

Fisika Jam Antik


Jam Antik, Pas Buat Rumah Klasik

Pernahkah diantara kita memperhatikan jam yang serupa seperti gambar diatas? Atau adakah yang bertanya tanya fungsi rantai yang ada di dalam lemari tersebut?

Yap, jam tersebut pada dasarnya bekerja dengan menggunakan konsep fisika agar menunjukan waktu sesuai dengan standar yang di tetapkan. Mulai dari implementasi konsep ayunan bandul hingga hubungan roda dan poros yang menggerakkan jarum jam. Akan tetapi disini kita akan fokus membahas mengenai ayunan bandul saja.

Jika diperhatikan, rantai-rantai tersebut memiliki fungsi sebagai hiasan untuk menambah estetika dari jam. Bagi yang mengoperasikan jam tersebut akan menyatakan bahwa rantai-rantai tersebut digunakan untuk mengatur ketinggian dari masing-masing beban agar jam menunjukan waktu yang tepat.

Dari sudut pandang fisika, hal yang dilakukan oleh operator tersebut erat kaitannya dengan konsep perioda dan frekuensi dalam ayunan bandul sederhana. Kita mengetahui bahwa nilai dari 1 detik itu sama dengan perioda yang dilakukan Bandung. maka dengan menggunakan persamaan

rumus-frekuensi-bandul-sederhana | Data Soal

kita dapat mengetahui solusi jika terdapat perbedaan waktu dalam jam tersebut.

Kasus 1.
Jika jam bergerak terlalu cepat (T < 1detik) maka untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memperbesar frekuensi, yang dalam hal ini diwakilkan dengan menambah panjang dari rantai.

Kasus 2.
Jika jam bergerak terlalu lambat (T > 1 detik) maka kita dapat mempercepat putaran dengan memperkecil frekuensi, yakti dengan memperpendek panjang rantai

Sekian, sekilas pembahasan mengenai fungsi rantai pada jam klasi dari sudut pandang fisika. Terimakasih

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *