A Way to Share Ideas 

Tata kelola “Laboratorium” sekolah


Di kebanyakan sekolah (tidak semua), tata kelola laboratorium pendidikan belum menjadi salah satu prioritas utama. Masih banyak ditemukan laboratorium yang difungsikan tidak sebagaimana mestinya. Sebut saja laboratorium yang “juga” dijadikan sebagai gudang penyimpanan sarana olahraga.

Hal ini tentu sangat disayangkan karena ruang laboratorium sejatinya adalah ruang kelas dimana siswa membutuhkan kenyamanan untuk beraktivitas. Selain itu, banyaknya peralatan yang membutuhkan keahlian khusus dalam merawatnya juga menjadi salah satu faktor mengapa sebaiknya laboratorium dikelola dengan baik.

Download Buku

Terdapat banyak hal yang perlu dan harus dipersiapkan terkait tata kelola laboratorium. Diantaranya ada tata kelola bangunan dan ruangan, inventarisasi, sanitasi, keamanan, hingga tata kelola limbah. Semua hal tersebut sudah semestinya dipersiapkan oleh sekolah (dalam hal ini SMP dan SMA) yang menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di Laboratorium secara berkala.

Berbekal dengan sedikit pengalaman, pada kesempatan ini saya mencoba susun untuk memberikan panduan inventarisasi dasar terkait laboratorium sekolah. Semoga buku ini bisa membantu Bapak/Ibu dalam mengelola laboratorium sekolah.

Download Buku

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *